Qontak WhatsApp

10 Tantangan dan Kendala Bisnis Tanpa Aplikasi CRM

CRM untuk Bisnis? Apakah Bisnis Bisa Bertahan Tanpa Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) akan sangat berguna untuk bisnis. Tanpa CRM, bisnis akan menciptakan berbagai tantangan dan kendala bagi sebuah bisnis, dimana kendala tersebut berada di level bisnis mana pun serta di bidang industri mana pun. Perkembangan jaman pun turut serta memberikan tantangan-tantangan baru dalam dunia bisnis. Sebuah bisnis dituntut menjadi sempurna agar dapat bersaing dengan bisnis serupa lainnya.

Dengan kondisi demikian, sebuah bisnis perlu menerapkan sebuah sistem terarah yang dapat dijalankan dengan mudah, efisien, efektif, serta dapat dikustomisasi dan otomatisasi. Semua poin tersebut dapat dicapai dengan cara menerapkan sebuah Aplikasi Customer Relationship Management. Aplikasi tersebut dapat berfungsi sebagai Aplikasi Sales, Aplikasi Sales Monitoring, Aplikasi Sales Order, Aplikasi Sales Tracking.

Apa saja Manfaat Aplikasi CRM untuk Bisnis?

  • Meningkatkan kinerja sales

Aplikasi CRM akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sales perusahaan, untuk itulah Aplikasi Customer Relationship Management ini juga disebut sebagai Aplikasi Sales. Aplikasi digunakan untuk melacak prospek yang berkualitas sehingga siklus sales dapat berkurang namun kemungkinan berhasilnya tinggi. Selain itu riwayat pembelian juga tercatat sehingga perusahaan dapat melakukan upsell kepada pelanggan yang potensial. Aplikasi ini juga mencantumkan sales process untuk melihat tugas apa yang telah atau harus dikerjakan.

  • Memantau sales perusahaan

Aplikasi CRM dilengkapi dengan fitur analisis dan pelaporan yang menyajikan data atau insight perusahaan yang akurat dan real time dalam satu layar. Fungsi inilah yang membuat Aplikasi Customer Relationship Management ini juga disebut sebagai Aplikasi Sales Monitoring. Dengan fungsi ini, perusahaan dapat menyesuaikan strategi yang tepat untuk mencapai sebuah goal atau bahkan untuk mengatasi masalah yang terjadi.

  • Melakukan sales order

Aplikasi CRM atau Aplikasi Customer Relationship Management, khususnya di Indonesia, harus dirancang sebagai Aplikasi Sales Order juga. Manfaatnya adalah agar tenaga sales khususnya tenaga sales lapangan dapat melakukan sales order atau pemesanan pembelian dengan mudah. Tujuannya agar dapat memudahkan tugas tenaga sales serta dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pesanan yang akan berakibat pada penurunan jumlah pelanggan yang sekaligus akan menurunkan tingkat pembelian serta omset perusahaan.

aplikasi sales order crm

  • Melacak sales perusahaan

Melacak sales atau biasa disebut sales tracking merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam sebuah bisnis. Hal itu bisa dilakukan menggunakan Aplikasi Sales Tracking yang juga menjadi salah satu fungsi dari Aplikasi CRM. Dengan fungsi ini, perusahaan akan lebih mampu menentukan strategi dan solusi yang relevan atas sebuah tujuan, pencapaian, dan masalah yang muncul dalam perusahaan. Hal ini disebabkan karena sales tracking dapat menyajikan data yang akurat mengenai prospek, pelanggan, layanan, dan lain-lain yang berkaitan dengan sales.

Baca juga: 6 Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis

Belum Memakai CRM untuk Bisnis? Berikut Kendala Bisnis yang dapat Muncul tanpa Aplikasi CRM!

1. Data pelanggan

Tanpa Aplikasi CRM akan sulit untuk mengatur banyaknya data ­­yang masuk ke perusahaan

2. Menghemat waktu dan tenaga

Memperbaharui data secara manual tentu melelahkan dan bisa timbul kesalahan akibat human error. Jika Anda menggunakan Aplikasi Customer Relationship Management, Anda dapat menikmati fitur otomatisasi data yang menghemat waktu dan tenaga.

3. CRM memantau ROI pemasaran bisnis

Tanpa Aplikasi Sales Tracking (CRM), perusahaan akan sulit menentukan ROI (Return of Investment). Padahal ROI merupakan sebuah tolok ukur keuntungan bisnis yang paling tepat, agar semua kegiatan operasional dapat dievaluasi tingkat pengembalian investasinya.

4. Waktu dan tenaga extra

Memilih dan mengumpulkan informasi secara manual dari berbagai sumber untuk menjadi sebuah laporan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih besar.

5. Pelanggan di social media

Tanpa Aplikasi CRM, tim helpdesk Anda akan mengalami kesulitan dalam memantau/memberi tanggapan kepada pelanggan Anda melalui media sosial. Dengan menggunakan Aplikasi Sales dimana terdapat integrasi antara CRM dan  Omnichannel, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

6. CRM menyimpan data bisnis menjadi terpusat

Data yang disimpan secara terpisah akan menyulitkan untuk  dicari ketika dibutuhkan. Sistem pada Aplikasi Customer Relationship Management akan menyimpan data-data penting perusahaan secara lengkap dan terpusat.

7. Layanan pelanggan

Tanpa Aplikasi CRM yang juga berfungsi sebagai Aplikasi Customer Service, perusahaan akan kewalahan untuk menangani jumlah permintaan/layanan yang masuk setiap harinya dari para pelanggan.

8. CRM mendata prospek potensial untuk bisnis

Aplikasi Sales Tracking pada sistem CRM menyajikan semua data mengenai sales. Tanpa aplikasi tersebut, perusahaan dapat kesulitan saat menentukan sasaran kampanye, sehingga dapat saja kehilangan prospek potensial.

9. Loyalitas pelanggan

Salah satu fungsi Aplikasi Sales Order pada sistem CRM adalah untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan pemesanan oleh pelanggan, karena dapat menurunkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan.

10. CRM membantu pertumbuhan bisnis

Tanpa Aplikasi Sales Monitoring pada sistem CRM yang menyimpan semua aspek pada proses penjualan dengan rinci, akan sulit untuk menentukan strategi bisnis yang dapat mengembangkan bisnis.

Cara Menentukan Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis Anda

bisnis tanpa aplikasi crm qontak contacts
Manajemen kontak dengan aplikasi CRM Qontak.com

 

Ada begitu banyak penyedia Aplikasi Customer Relationship Management di Indonesia. Untuk itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih Aplikasi CRM terbaik bagi bisnis Anda:

  • Dapat memenuhi kebutuhan perusahaan,
  • Bisa mencapai goal perusahaan,
  • Mampu mengatasi berbagai kendala yang dialami oleh perusahaan,
  • Membutuhkan biaya pemasangan dan pemeliharaan yang terjangkau.
  • Dapat diintegrasikan dengan aplikasi penting lainnya,
  • Dapat digunakan di smartphone Anda agar bisnis dapat dipantau secara mobile,
  • Memiliki fitur penting lainnya yang lengkap.

Baca juga: Hal-Hal Penting dalam Memilih Aplikasi CRM Jakarta dan Indonesia 

Coba GRATIS Aplikasi CRM untuk Bisnis Anda Sekarang!

Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan bahwa Aplikasi CRM merupakan hal yang sangat penting untuk digunakan dalam sebuah bisnis. Segera miliki Aplikasi Customer Relationship Management terbaik untuk bisnis Anda bersama Qontak.com. Qontak.com siap melayani berbagai industri bisnis dan skala bisnis manapun. Kembangkan bisnis Anda bersama Qontak.com dan dapatkan uji coba GRATIS selama 14 hari khusus untuk Anda!

You may also like

By