Ingin Bisnis Anda Lebih Maju? Ketahui 10 Prinsip CRM ini!

Prinsip CRM

Prinsip CRM apa yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan Anda?

Perusahaan, terutama yang menjual produk dan jasa kepada pelanggan, dapat memperoleh manfaat dari penggunaan software CRM (Customer Relationship Management). Apa sajakah itu? Manfaat utama yang bisa anda peroleh antara lain meningkatnya jumlah pelanggan, mengembangkan produk dan klien, serta meningkatkan keuntungan. Mungkin beberapa perusahaan belum menerapkan prinsip CRM dalam perusahaannya atau bahkan belum mengetahui tentang CRM. Padahal, CRM sangat penting untuk mempermudah kelancaraan bisnis Anda.

Apa itu CRM?

Secara umum, CRM memungkinkan suatu bisnis untuk mengontrol bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan, mulai dari menerima angka dan data penjualan, hingga menciptakan komunikasi yang efektif dan customer service ketika dibutuhkan.

Terdapat beberapa contoh CRM yang bisa diterapkan untuk bagi perusahaan Anda. Terlepas dari apa pun jenis CRM yang digunakan, ketahui 10 prinsip CRM ini untuk memajukan bisnis Anda!

10 Prinsip CRM agar Bisnis Anda Lebih Maju

  1. CRM lebih dari sekedar software

CRM merupakan alat yang penting bagi sebuah bisnis untuk berkembang. Namun, CRM bukanlah sekadar software yang mampu menyajikan data-data penting terkait penjualan maupun pelanggan Anda. Dibutuhkan strategi dan pengetahuan mengenai apa yang ingin Anda kembangkan agar dapat memaksimalkan manfaat dari CRM.

  1. Pentingnya analisis yang efektif

Software CRM menyediakan seluruh data host mengenai penjualan dan pelanggan Anda. Anda perlu melakukan analisis sehingga tahu apa yang harus dilakukan terhadap data tersebut. Data yang dikumpulkan dari CRM dapat membantu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk Anda untuk membuat perubahan dan meningkatkan produk yang paling laku terjual.

  1. Pentingnya fokus pelanggan

Interaksi dengan pelanggan akan memberikan manfaat yang bagus untuk bisnis Anda. Data dari CRM dapat digunakan untuk memberikan manfaat timbal balik dari pelanggan. Dengan menghargai pelangggan, mereka akan menjadi pelanggan loyal yang akan berdampak pada meningkatnya penjualan.

  1. CRM adalah proses yang berlanjut

CRM harus digunakan secara berlanjut agar dapat melihat hasil yang berkelanjutan. Kebutuhan dan keinginan pelanggan akan berubah. Hal ini membuat sangat penting bagi bisnis Anda untuk tetap berubah dan tumbuh sehingga pelanggan menjadi loyal.

  1. Gunakan untuk bisnis secara keseluruhan

Implementasi CRM dapat menghasilkan bisnis yang lebih mudah dan berfokus pada pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan memacu mereka untuk tetap menggunakan bisnis Anda

prinsip CRM

  1. Gunakan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan

Data CRM dapat membantu untuk meningkatkan bisnis Anda agar dapat lebih diandalkan, mudah diakses, efisien, responsive, dan inovatif terhadap pelanggan. Data ini mampu meningkatkan komunikasi 2 arah antara perusahan dan pelanggan. Dengan demikian Anda dapat mengetahui secara langsung apa kebutuhan pelanggan dan menyesuaikannya untuk kemajuan bisnis Anda.

  1. Libatkan seluruh karyawan

Semua karyawan mulai dari tim administrasi hingga manajemen harus mengetahui aktivitas CRM dan dampaknya bagi pekerjaan mereka. Anda dapat mengetahui hal-hal yang diperlukan untuk pelatihan dan pengembangan karyawan Anda.

  1. Lakukan sesuatu terhadap temuan anda

Setelah memperoleh seluruh data yang dibutuhkan dari software CRM, gunakan data tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memperoleh insight pelanggan melalui sosial media dan tanyakan kebutuhan mereka.

  1. Kuncinya adalah kesederhanaan

Pelanggan ingin pengalaman berbelanja mereka sesimpel mungkin. Prinsip ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana menggunakan CRM untuk membuat pengalaman pelanggan lebih baik lagi.

  1. Pilih provider CRM yang tepat

Memilih provider CRM yang tepat sangatlah penting untuk keberhasilan bisnis anda. Pemilihan software CRM yang salah akan memberikan kerugian investasi dari segi biaya dan waktu bagi perusahaan Anda. Pastikan memilih software CRM memenuhi kebutuhan perusahaan anda.

Qontak memahami bahwa kebutuhan tiap perusahaan unik. Qontak dapat membantu bisnis anda dalam memberikan solusi CRM terbaik yang dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Qontak membantu Anda dalam berbagai hal, mulai dari manajemen keseluruhan proses bisnis, otomatisasi dokumen penjualan, melacak tim sales, hingga mengintegrasi WhatsApp dengan CRM perusahaan Anda.

Hubungi Qontak sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis bagi perusahaan Anda!

 

Source: Top 10 Customer Relationship Management Principles

 

You may also like

× Contact Us!