10 Pertanyaan tentang Customer Relationship Management (CRM)

pertanyaan tentang customer relationship management

Sebuah bisnis tanpa customer tidak akan ada artinya. Jika ingin terus berkembang, bisnis harus terus berinovasi dalam mencari cara bagaimana mengelola hubungan dengan pelanggan. Banyak perusahaan saat ini sudah mempertimbangkan untuk beralih menggunakan software customer relationship management atau CRM. Namun, beberapa menganggap sistem ini sulit dan mungkin masih terdapat banyak pertanyaan tentang customer relationship management bagi mereka yang baru memulai untuk menggunakannya.

Customer relationship management atau CRM saat ini menjadi alat populer bagi bisnis yang ingin meningkatkan efektivitas kerja mereka. Menurut Discover CRMdi tahun 2016 penggunaan CRM meningkat dari 56% menjadi 74%.

Pertimbangan perusahaan dalam beralih menggunakan software CRM adalah untuk mengembangkan dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. CRM dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis rumahan hingga perusahaan skala besar. CRM juga memiliki berbagai jenis. Dengan berbagai pilihan yang ada, pertanyaan tentang menenentukan software CRM yang tepat untuk perusahaan akan menjadi sulit.

Jika Anda memiliki bisnis dan saat ini sedang mempertimbangkan untuk menggunakan software CRM atau customer relationship management di perusahaan Anda, kami merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul dan mungkin Anda ajukan tentang CRM.

10 Pertanyaan Umum tentang Customer Relationship Management (CRM)

pertanyaan tentang customer relationship management

  1. Apa itu customer relationship management?

Customer relationship management atau CRM merupakan sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. CRM banyak digunakan oleh tenaga penjualan dan pemasaran karena sistem CRM dapat membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Selengkapnya mengenai CRM Adalah Apa?

  1. Mengapa perusahaan tertarik menggunakan CRM?

Perusahaan saat ini tertarik menggunakan CRM karena menyadari bahwa pelanggan adalah aset utama yang sangat berharga. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku dan kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

CRM juga berguna dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, otomatisasi data entry, dan meningkatkan analisis data dan pelaporan.

Baca: 6 Kegunaan CRM untuk Kesuksesan Perusahaan Anda.

  1. Apa saja manfaat dan keuntungan CRM?

Masing-masing perusahaan akan merasakan dampak yang berbeda-beda dari keuntungan penggunaan CRM. Secara umum, keuntungan CRM bagi perusahaan Anda yaitu:

  • Mempertahankan pelanggan (customer retention)
  • Meningkatkan layanan customer service
  • Mempercepat proses closing deals tim penjualan
  • Meningkatkan efektivitas kerja
  • Pelaporan data yang lebih canggih

Selengkapnya mengenai 5 Keuntungan CRM bagi Perusahaan Anda dan 8 Manfaat CRM

  1. Bisakah CRM digunakan untuk melacak tim sales?

Ya, beberapa sistem CRM memiliki fitur untuk melacak tim sales Anda. Qontak memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengelola tim sales dengan melakukan live check-in dengan GPS. Software CRM Qontak sudah berbasis mobile CRM sehingga tim sales Anda dapat melakukan check-in di lokasi melalui smartphone. Anda dapat melacak pergerakan mereka tanpa khawatir.

  1. Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan CRM?

Selain memiliki berbagai kelebihan yang berguna bagi perusahaan, terdapat beberapa kekurangan pada sistem CRM. Beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan CRM adalah sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Semua data yang diperlukan ada di satu tempat
  • CRM merupakan solusi yang dapat diukur
  • CRM dapat melakukan penggalian data
  • Dapat mengakses data dari mana saja
  • Mempercepat proses deal

Kekurangan:

  • Menghilangkan unsur manusia dalam perusahaan
  • Adanya kemungkinan kendala keamanan
  • Perlu adanya pelatihan
  • Biaya untuk dukungan teknis
  • Kemungkinan kehilangan data

Selengkapnya mengenai Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan CRM.

  1. Ada berapa jenis CRM?

Terdapat 3 jenis utama software CRM

  • CRM Operasional

Tujuan utama dari jenis CRM ini adalah untuk mencari pelanggan potensial, mengubah mereka menjadi kontak, mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan, dan menyediakan produk selama siklus pelanggan.

  • CRM Analitis

Fungsi utama jenis ini adalah menganalisis data pelanggan yang berasal dari berbagai sumber.

  • CRM Kolaboratif/Strategis

CRM kolaboratif/strategis membantu perusahaan untuk membagikan informasi pelanggan antar unit bisnis seperti tim sales, tim marketing, dan tim pendukung dan teknis.

Masing-masing jenis CRM tersebut memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai masing-masing jenis CRM, termasuk fitur dan perusahaan apa yang cocok untuk jenis CRM tersebut, silakan baca di sini.

  1. Kendala apa yang mungkin terjadi dalam implementasi CRM?

Terdapat beberapa potensi kendala yang mungkin Anda hadapi dalam implementasi CRM:

  • Meyakinkan orang untuk berubah
  • Kendala persetujuan manajemen atas untuk menerapkan CRM
  • Waktu dan biaya implementasi CRM
  • Sistem CRM tidak sesuai harapan

Simak bagaimana menghadapi kendala tersebut di sini.

Baca juga: 8 Tips untuk Keberhasilan Implementasi CRM

  1. Apa peran CRM dalam meningkatkan customer experience?

  • Membuat self-serve dan onboarding dengan mudah
  • Personalisasi komunikasi pelanggan
  • Memperkuat hubungan pelanggan
  • Akses informasi pelanggan yang cepat
  • Peningkatan kepuasan pelanggan

Menurut survey yang dilakukan oleh Capterra pada tahun 2015, 47% dari 500 responden mengatakan CRM berdampak secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

pertanyaan tentang customer relationship management
Sumber: Capterra

Selengkapnya mengenai bagaimana CRM dapat memperbaiki customer experience.

  1. Bisakah CRM diintegrasikan dengan WhatsApp?

Ya, Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp dengan CRM. WhatsApp sebagai aplikasi pesan yang paling banyak digunakan di dunia telah menjadi alat utama bagi perusahaan untuk melakukan CRM. Dengan Whatsapp, komunikasi dengan pelanggan bisa terjadi secara langsung.

WhatsApp memiliki WhatsApp for Business, yaitu versi yang dikhususkan bagi mereka yang memiliki bisnis.

Selengkapnya mengenai bagaimana mengintegrasi WhatsApp dengan CRM perusahaan Anda.

  1. Bagaimana Agar Implementasi CRM berhasil?

Penerapan sebuah sistem baru dalam perusahaan mungkin tidak akan langsung berhasil dan memberikan hasil yang diharapkan. Diperlukan waktu dan tenaga untuk beradaptasi dengan sistem yang baru. Selain itu, diperlukan komitmen yang tinggi dari seluruh anggota tim untuk mau mempelajari sistem tersebut.

Berikut adalah 3 faktor utama keberhasilan penerapan CRM:

  • Komunikasi: Libatkan tim Anda dalam pemilihan dan penerapan sistem
  • Perencanaan: Lakukan perencanaan dalam penerapan sistem CRM pada penjualan Anda
  • Fasilitasi: Terbuka pada pengembangan yang mungkin terjadi dan jadilah contoh dalam penerapan CRM bagi bawahan Anda dengan menggunakannya sesering mungkin.

Selain 3 faktor tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi kunci sukses CRM, di antaranya adalah memilih sistem CRM yang tepat, memetakan proses penjualan dan pemasaran, serta menerima feedback dari tim.

Menjadikan 10 pertanyaan di atas dapat menjadi panduan bagi Anda yang masih ragu atau belum memahami customer relationship management atau CRM untuk perusahaan Anda. Jika Anda masih memiliki beberapa pertanyaan tentang CRM lainnya yang tidak terjawab di atas, silakan hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut. Qontak merupakan solusi CRM terbaik di Indonesia dengan fitur-fitur lengkap yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan Anda.

 

× Contact Us!