Qontak WhatsApp

10 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop Era Digital

Online shop adalah bentuk perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk langsung membeli barang atau jasa dari penjual melalui Internet menggunakan browser web atau aplikasi seluler. Aktivitas jual beli ini sangat praktis karena mereka tidak perlu bertemu langsung untuk melakukan transaksi. Itu lah mengapa banyak bermunculan berbagai aplikasi yang dibutuhkan online shop.

Tren bisnis online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dikutip dari CNN Indonesia, Bank Indonesia mencatat volume transaksi belanja online naik 41,53% menjadi 513,7 juta transaksi pada Desember 2020 dan diprediksi akan naik lagi pada 2021. Fakta ini menunjukan momentum bagi toko online untuk meningkatkan bisnisnya. Salah satu caranya dengan memaksimalkan penerapan setiap aplikasi yang dibutuhkan online shop untuk membantu peningkatan produktivitas dan penjualan.

Di samping itu, ada beberapa masalah yang sering diabaikan oleh pelaku online shop, baca: Pelaku Bisnis Online? Jangan Abaikan 5 Masalah ini!


Apa saja 10 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop?

Bisnis online semakin digemari mulai dari pemula hingga bisnis multinasional. Kemudahan mengelola dan jangkaun pasar yang luas menjadi penyebabnya. Peran teknologi seperti penerapan CRM pada online shop menjadi kunci keberhasilan bisnis online. Munculnya aplikasi pendukung seperti aplikasi CRM online shop membantu meningkatkan bisnis Anda. Dengan memanfaatkan aplikasi pendukung seperti ini, Anda akan menjalankan bisnis online tanpa kesulitan.

10 aplikasi yang dibutuhkan online shop:

1. Aplikasi Chatting

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Salah satu aplikasi yang dibutuhkan online shop adalah aplikasi chatting. Ini dapat Anda manfaatkan sebagai helpdesk online yang memudahkan berinteraksi dan bertransaksi dengan pelanggan. Selain itu juga untuk tetap menjalin hubungan pelanggan yang baik dengan mengirimkan informasi produk baru, pre-order hingga promosi terbaru. Anda patut memiliki akun pada aplikasi chatting yang populer di Indonesia, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dan lainnya. Usahakan semua aplikasi tersebut saling terintegrasi sehingga tidak tumpang tindih satu pesan dengan yang lainnya.

2. Aplikasi Media Sosial

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Memiliki toko online di media sosial pada era digital ini menjadi pilihan utama. Kemudahan akses dan jangkauan konsumen dalam hingga luar negeri menambah daya tarik. Terlebih, sebagian aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram didukung fitur berjualan online. Konsumen juga dimanjakan fitur ini, hanya perlu satu kali klik mereka langsung bisa menemukan produk yang dicari tanpa berpindah aplikasi.

3. Aplikasi Social Media Marketing

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Biasanya, bisnis online memiliki lebih dari satu platform toko online di media sosial. Semakin banyak media sosial yang digunakan, semakin sulit pula untuk mengelolanya. Waktu yang dibutuhkan pun juga cukup banyak. Aplikasi social media marketing menjadi pilihan tepat menyelesaikan masalah ini. Aplikasi ini membantu mengatur profil, menjadwalkan post, memposting konten secara otomatis, auto-reply, hingga menyediakan data insight dan analitik.  Rekomendasi aplikasi social media marketing yang bisa Anda coba: ViralTag, Edgar, Buzzer, Hootsuite dan lainnya.

4. Aplikasi Mobile Banking

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Aplikasi yang dibutuhkan online shop yang tidak boleh tertinggal adalah internet banking atau mobile banking. Software ini sangat berguna untuk memastikan transaksi keuangan berhasil. Setiap transaksi terekam dengan baik secara real time tanpa perlu bolak balik mengecek di ATM. Hampir semua bank memiliki fasilitas mobile banking. Pilihlah bank yang paling sering digunakan oleh konsumen Anda, tapi memiliki lebih dari satu juga bukanlah hal yang buruk.

5. Aplikasi Tracking Paket

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Sebagian besar bisnis online menggunakan jasa ekspedisi untuk mengantarkan produk ke tangan konsumen. Saat ini, perusahaan ekspedisi menyediakan aplikasi tracking paket yang bisa digunakan bisnis untuk melacak dan memonitor progres pengiriman produk. Tampilan aplikasi tracking paket biasanya dibuat lebih mudah dan nyaman digunakan dibandingkan via website.

6. Software Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) untuk bisnis online mampu menyimpan semua data yang masuk secara otomatis dalam satu platform. Data tersebut ditampilkan pada dashboard aplikasi CRM online shop yang interaktif dan mudah dipahami. Aplikasi CRM online shop dapat diintegrasikan dengan aplikasi atau sistem lainnya. Penerapan CRM pada online shop lebih memudahkan bisnis dalam mengelola data pelanggan dari berbagai saluran.

7. Aplikasi Marketplace

aplikasi yang dibutuhkan online shop

Aplikasi marketplace penting bagi Anda yang ingin mengembangkan brand lebih dikenal. Software ini didukung berbagai fitur seperti eksposur toko, testimoni yang tidak didapatkan di aplikasi media sosial. Sebagian konsumen juga merasa lebih aman bertransaksi di marketplace sehingga menambah daya jual produk dan menarik pelanggan baru untuk bisnis Anda. Beberapa marketplace yang bisa gunakan untuk toko online Anda seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada, Bukalapak atau Blibli.

8. Software Desain Grafis

Aplikasi desain grafis membantu dalam mempercantik produk Anda sehingga lebih menarik pelanggan. Tampilan produk Anda diedit sedemikian rupa seperti mempertegas warna, menambah layout menarik hingga elemen lainnya sebagai informasi tambahan. Rekomendasi aplikasi desain grafis keren yang bisa kamu coba antara lain ada VSCO Cam, PhotoGrid, Canva, Light Room, Snapseed, PicsArt.

9. Aplikasi Notes

Aplikasi notes dapat diandalkan untuk mencatat seluruh kegiatan, to-do-list, pesan konsumen, rencana penjualan, memo penting dan lainnya. Catatan tersebut bisa dibuat dengan berbagai format berdasarkan kategori dan mengaksesnya melalui personal computer. Aplikasi notes bisa langsung disinkronkan ke berbagai perangkat dengan mudah. Anda bisa mulai menggunakan aplikasi notes seperti KeepNotes, Trello, Evernote dan lainnya.

10. Software Pembukuan Online Shop

Software pembukuan online shop atau aplikasi finansial membantu mengurus finansial dengan mencatat rincian pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu,  Anda dapat dengan mudah dalam mengatur, mengontrol hingga merencanakan keuangan bisnis online Anda. Software pembukuan online shop yang bisa Anda gunakan seperti Wallet, Monefey. AndroMoner, Teman Bisnis dan masih banyak lainnya.

Rekomendasi aplikasi yang dibutuhkan online shop lainnya, baca: 10 Aplikasi untuk Bisnis Online yang Wajib Dimiliki


Bagaimana Memiliki Semua Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop?

Tren perkembangan toko online di Indonesia terus mengalami peningkatan tajam setiap tahunnya. Sebagai salah satu bisnis online, Anda juga perlu mengikuti tren tersebut. Anda bisa mulai dengan menginstal 10 aplikasi yang dibutuhkan online shop di atas melalui Play Store atau Apple Store pada smartphone maupun komputer Anda. Sayangnya, untuk mengelola semua aplikasi tersebut memakan waktu lama, yang kemungkinan menurunkan produktivitas bisnis Anda.

Qontak.com membantu mengordinasi aplikasi tersebut dengan penerapan CRM pada online shop.  Selain itu, aplikasi CRM online shop Qontak.com menyimpan seluruh data dari berbagai saluran dalam satu sistem. Fitur unggulan Qontak.com membantu Anda mengoperasikan bisnis online lebih efektif dan efisien.

Coba GRATIS integrasi aplikasi yang dibutuhkan online shop Anda dalam satu platform menarik. Hubungi kami apabila Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu!

You may also like

By