Daftar isi
5 min read

10 Aplikasi Toko Online Terpercaya untuk Jualan Makin Cuan

Tayang 13 Mei 2022
Diperbarui 12 Februari 2024
aplikasi yang dibutuhkan online shop
10 Aplikasi Toko Online Terpercaya untuk Jualan Makin Cuan

Di era digital saat ini, terjadi perubahan pola perilaku konsumen yang lebih suka berbelanja online. Hal ini terlihat dari jumlah transaksi belanja online yang terus meningkat. Menurut CNN Indonesia, Bank Indonesia mencatat volume transaksi belanja online naik 41,53% menjadi 513,7 juta transaksi pada Desember 2020 dan diprediksi akan naik lagi.

Data BI tersebut menunjukkan momentum bagi toko online untuk meningkatkan bisnisnya. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi toko online untuk mempermudah dalam mengelola penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan.

Namun, banyaknya aplikasi toko online di pasaran, mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan mana yang harus Anda gunakan. Bukan berarti dengan banyak bergabung di toko online otomatis akan membuat penjualan Anda meningkat. Sebagian online shop justru kebingungan untuk mengelolanya.

Berikut rekomendasi aplikasi toko online yang dibutuhkan untuk mengelola online shop Anda adalah:

1. Tokopedia

Aplikasi Toko Online Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu e-commerce populer di Indonesia. Marketplace dengan  maskot burung hantu berwara hijau ini menawarkan berbagai layanan tidak hanya menjual produk saja. Layanan yang ditawarkan diantaranya membayar tagihan, membeli pulsa, voucher game, dan banyak hal lainnya.

Strategi pemasaran besar-besaran dengan mengandeng BTS sebagai brand ambassador berhasil mendatangkan banyak pelanggan. Sebagai pelaku bisnis, tidak ada salahnya untuk bergabung menjadi salah satu seller di aplikasi Tokopedia.

2. Shopee

Aplikasi Toko Online Shopee

Pesaing terbesar Tokopedia, Shoppe tak mau ketinggal dengan Blackpink sebagai brand ambassador. Strategi ini juga berhasil menjadikan marketplace yang identik dengan warna orange ini menjadi salah satu yang paling populer di antara para pegiat belanja di Indonesia.

Kelebihan Shopee dibandingkan aplikasi e-commerce lainnya adalah menawarkan harga miring, pengiriman cepat dan sering kali gratis ongkir, Shopee semakin dikenal luas dengan adanya Blackpink sebagai brand ambassador.

Apabila Anda pelaku bisnis yang sedang mencari palanggan, Shoppe pilihan tepat. Sebagian besar bisnis memanfaatkan diskon ongkos kirim di Shopee untuk menarik pelanggan mereka. Meskipun komunikasi sebelumnya terjadi di media sosial seperti Instagram atau WhatsApp.

3. Bukalapak

Aplikasi Toko Online Bukalapak

Bukalapak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 dengan target pasar para hobbyist seperti  hobi bersepeda dan banyak lainnya. Sejak kemunculannya, Bukalapak konsisten dengan menampilkan iklan-iklan yang keren dan unik. Strategi ini terbukti ampuh untuk menarik pelanggan berbelanja di aplikasi toko online ini.

Untuk berbelanja produk-produk yang bergaransi dan asli, pengguna bisa mengunjungi Bukamall, sementara untuk berbelanja layaknya di supermarket, pengguna bisa mengunjungi BukaMart. BukaMart memberi layanan belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Baca juga: 10 Masalah Kerap Terjadi pada Pelaku Bisnis Online!

4. Blibli.com

Aplikasi Toko Online Blibli

Selang satu tahun dari Bukalapak, aplikasi Blibli.com diluncurkan sebagai mal online terbesar.  Blibli memasarkan produk yang bersumber dari lebih dari 100.000 mitra usaha yang siap memenuhi kebutuhan sehari-hari, elektronik, hingga hobi kamu.

Blibli.com berkomitmen untuk mempercepat proses pengiriman dengan mengandeng armada BES dan 15 mitra logistik. Selain itu, fasilitas layanan pelanggan Blibli juga mudah dituju sehingga segala pertanyaan atau komplain dapat dijawab dengan cepat. Dengan solusi yang ditawarkan Blibli.com tidak ada alasan lagi untuk bergabung menjadi seorang seller.

5. Hijabenka

Aplikasi Toko Online Hijabenka

Apabila Anda menekuni fashion muslim, maka Hijabenka wajib Anda miliki. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memasarkan produk dari berbagai gerai toko offline yang fokus pada busana muslim dengan desain yang segar sekaligus stylish.

Busana muslim mulai dari busana sehari-hari, hingga untuk acara formal. Tak luput, hijab tentunya, beserta scarf maupun aksesoris lain tersedia di sini. Terkurasi dengan baik, Hijabenka memastikan produk-produk yang dijualnya bergaya chic, mutakhir, dan terjangkau.

6. Dinomarket

Aplikasi Toko Online dinomarket

Berbeda dengan aplikasi toko online lainnya, Dinomarketi memilh untuk memasarkan berbagai jenis produk gadget dan elektronik. Maka dari itu, target pasar Dinomarket lebih tersegmentasi yaitu para gadget freak. Hal ini memudahkan bisnis elektronik untuk menjangkau target pelanggan

Sama seperti marketplace umumnya, Dinomarket juga menawarkan berbagai promo yang diadakan secara berkala untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. Selain itu, berbagai garansi dan jaminan produk asli membuat Dinomarket dicintap pelangganya.

7. Floweradvisor

Aplikasi Toko Online Floweradvisor

Bagi penjual bunga, Floweradvisor menjadi pilihan tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Sebab aplikasi ini tepat berkumpulnya pelanggan yang membeli bunga maupun hadiah lainnya secara online.

Adalah Floweradvisor, aplikasi e-commerce yang fokus pada penjualan bunga sekaligus toko hadiah online yang menyediakan kado dalam bentuk karangan bunga, buket bunga, parcel dengan berbagai macam isi, boneka, dan lainnya.

Floweradvisor juga kerap menggelar promo untuk hari-hari besar di mana pemberian kado cukup lazim dan sering dilakukan seperti valentine, hari raya Idul Fitri, atau Natal.

8. OpenCart

Aplikasi Toko Online OpenCart

Satu platform toko online selanjutnya adalah Opencart. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat situs web penjualan yang menyediakan template front end dan back end. Artinya dari sisi admin, Anda dapat mengunggah produk ke dalam situs web, dan saat pengunjung mengakses situs toko online tersebut, mereka akan melihat tampilan toko online.

9. Shopify

Aplikasi Toko Online Shopify

Shopify membuka peluang Anda untuk menjangkau pasar lebih luar yaitu target pasar internasional. Anda bisa menggunakan cms toko online terbaik Shopify untuk toko online secara gratis.

Sayangnya, fitur yang disediakan pun terbatas. Untuk mendapatkan fitur tambahan seperti menambahkan produk ke blog/website atau ingin menerima pembayaran kredit, Anda harus berlangganan paket premium.

10. Sociolla

Aplikasi Toko Online Sociolla

Mencari berbagai referensi kecantikan secara online, Sociolla tentu tujuannya. Berbagai produk kecantikan seperti make up, perawatan kulit, perawatan rambut, parfum, dan alat-alat kecantikan menjadi andalan Sociolla.

Koleksi Sociolla tidak hanya lengkap, tapi juga dijamin keasliannya dan hanya menjual produk-produk yang bersertifikasi BPOM. Oleh sebab itu, belanja di Sociolla selain praktis, tapi juga dijamin keamanan produknya.

Baca juga: 11 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop untuk Cuan

Rekomendasi  10 aplikasi online shop di atas dapat Anda download melalui Play Store atau Apple Store pada smartphone maupun komputer Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat akun toko online pada aplikasi tersebut dan mulai berjualan.

Sayangnya, untuk mengelola semua aplikasi toko online tersebut memakan waktu lama, yang kemungkinan menurunkan produktivitas bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mendukungnya dengan strategi pemasaran dan aplikasi pendukung seperti aplikasi toko online.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi toko terbaik yang membantu mengordinasi aplikasi tersebut dengan penerapan aplikasi Omnichannel dan aplikasi CRM pada aplikasi toko online. Aplikasi untuk online shop Mekari Qontak tersebut dapat menyimpan seluruh data dari berbagai saluran dalam satu sistem lebih efektif dan efisien.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Coba Gratis Aplikasi Omnichannel Terbaik Mekari Qontak selama 14 hari atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama Tim support Mekari Qontak.

Kategori : Bisnis Tools
WhatsApp WhatsApp Sales