10 Aplikasi untuk Online Shop yang Wajib Dimiliki

aplikasi untuk online shop

Aplikasi untuk Online Shop telah Menjamur dalam Bisnis Online

Aplikasi untuk online shop bukanlah hal yang asing lagi bagi para pemilik bisnis online. Pesatnya penambahan jumlah online shop  juga berpengaruh pada munculnya aplikasi-aplikasi baru yang khusus diciptakan untuk bisnis online. Aplikasi tersebut hadir dengan fitur yang berbeda-beda sehingga agak sulit untuk memilih aplikasi mana dan aplikasi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Diantara banyaknya jenis aplikasi untuk online shop, Aplikasi CRM termasuk dalam aplikasi yang sangat dibutuhkan dalam bisnis online. Sistem CRM pada online shop akan memberikan banyak keuntungan jika digunakan dengan maksimal. Aplikasi tersebut juga dikenal sebagai Aplikasi CRM Online Shop. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi untuk online shop yang kami klasifikasikan berdasarkan fungsinya:

Aplikasi untuk Online Shop dalam Mencatat dan Manajemen Ideaplikasi untuk online shop manajemen ide

  1. KeepNotes

Sesuai namanya, KeepNotes merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencatat hal-hal penting secara digital. Aplikasi ini merupakan salah satu produk Google, jadi data yang Anda masukkan akan tersimpan dalam cloud sehingga tidak perlu khawatir jika gadget Anda rusak karena aplikasi ini terintegrasi dengan seluruh akun Google. KeepNotes memiliki fitur lainnya seperti voice, image, dan drawing memo. Selain itu, ada fitur checklist, pengelompokan notes melalui label, serta terdapat berbagai pilihan tema.

  1. Microsoft To Do

Aplikasi untuk online shop ini merupakan salah satu produk Microsoft, yang dulu dikenal dengan nama Wunderlist. Microsoft To Do mempunyai fungsi untuk merencanakan tugas harian, menyusun daftar belanja, dan hal lain yang berkaitan dengan To-Do List. Keunggulan Microsoft To Do adalah memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami serta terintegrasi dengan Office365.

  1. Trello

Trello merupakan aplikasi untuk online shop gratis yang dapat digunakan untuk mengatur beberapa proyek dalam satu tempat, jadi sangat cocok digunakan dalam kolaborasi tim karena sistem kerjanya yang sederhana. Progress tugas setiap divisi dapat dipantau melalui fitur board serta terdapat notifikasi yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Data atau tugas dapat diunggah dengan mudah baik melalui komputer atau cloud.

Aplikasi untuk Online Shop dalam Desain dan Promosi

aplikasi desain

  1. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi untuk online shop yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Aplikasi ini banyak digemari sebagai aplikasi pembuat desain karena memiliki berbagai macam jenis dan ukuran template serta elemen gratis yang dapat dipilih. Selain itu aplikasi ini dapat digunakan baik melalui mobile maupun desktop. Dengan tampilan profil bisnis online yang bagus, Anda dapat menarik minat prospek ke bisnis Anda.

  1. Hootsuite

Selain memiliki desain yang menarik, bisnis online juga harus menerapkan promosi yang jitu agar dapat berkembang dengan baik. Salah satu media yang banyak digunakan dalam berpromosi ada media sosial. Sayangnya, terkadang kita tidak mampu menangani semua media sosial sekaligus karena keterbatasan waktu dan tenaga. Hootsuite hadir sebagai solusi dimana aplikasi ini dapat mengatur semua media sosial yang Anda gunakan. Hootsuite menyediakan data analisis yang dapat digunakan untuk memantau keyword populer. Selain itu, penggunanya dapat menjadwalkan postingan ke berbagai media sosial serta dapat membentuk tim untuk melakukan kolaborasi.

Aplikasi Online Shop untuk Kebutuhan Finansial

aplikasi untuk online shop

  1. Aplikasi Mobile Banking

Mungkin ada diantara Anda yang dulu mengalami kesulitan dalam mengecek dana yang masuk ke rekening Anda, jalan yang sering Anda pakai mungkin adalah minta bukti transfer dari pelanggan Anda. Sangat merepotkan jika harus bolak-balik ATM untuk mengeceknya sendiri. Namun saat ini semuanya serba canggih, pebisnis online tidak perlu repot-repot lagi karena telah ada Aplikasi Mobile Banking yang hampir dimiliki oleh semua bank. Penjual online dapat memilih bank yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sebagai tujuan transfer.

  1. Raja Ongkir

Bisnis online tentu tak lepas dari ongkir atau ongkos kirim. Saat ini jasa pengiriman barang di Indonesia pun bermunculan, mereka menawarkan fitur dan harga yang kompetitif. Akan sangat melelahkan jika Anda harus mengecek ongkos kirim tiap ekspedisi melalui situs ekspedisi masing-masing secara manual. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Raja Ongkir. Anda dapat membandingkan ongkos kirim dari banyak ekspedisi serta melakukan tracking pengiriman barang dalam satu aplikasi. Semuanya menjadi praktis karena dapat diakses baik melalui desktop atau mobile.

Aplikasi Basic untuk Online Shop, yang Terakhir Paling Penting!

Aplikasi chat olshop

  1. Aplikasi Chatting

Chatting Software telah lama digunakan tidak hanya dalam berbisnis online, namun untuk keperluan pribadi juga. Saat ini ada banyak aplikasi chatting yang dapat Anda pilih, seperti: WhatsApp, LINE, Telegram, Facebook Messenger, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, pengguna WhatsApp untuk online shop sudah cukup populer, terutama WhatsApp Business. Namun ada aplikasi yang lebih canggih untuk online shop, yaitu WhatsApp Business API. Walaupun masih memiliki kelebihan dan kelemahan, namun WA API ini dapat disebut sebagai aplikasi chatting terbaik untuk online shop. Anda dapat memiliki WhatsApp Business API melalui Qontak.com sebagai salah satu Official Business Partner untuk WhatsApp Business API di Indonesia.

Rekomendasi Artikel: Otomatisasi WhatsApp untuk Mempercepat Bisnis dan Chatbot WhatsApp untuk Optimalkan Bisnis Online

  1. Aplikasi Marketplace

Dapat dikatakan bahwa pasar merupakan tempat terbaik untuk berjualan atau berdagang, karena disanalah tempat berkumpulnya para pembeli. Aplikasi pasar online atau yang dikenal dengan marketplace juga telah bermunculan jenisnya. Produk Anda akan lebih mudah ditemukan di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Selain bisa memilih penjual sendiri, banyak orang yang merasa lebih aman jika melakukan transaksi jual beli di marketplace.

  1. Aplikasi CRM

Aplikasi yang satu ini mungkin belum terlalu familiar bagi pebisnis online awam. Padahal Aplikasi CRM memiliki beberapa fitur yang dapat memberikan segudang manfaat bagi perkembangan sebuah bisnis online. CRM (Customer Relationship Management) memiliki sebuah sistem yang mampu menyimpan semua data yang masuk secara terpusat dalam satu tempat sehingga Anda tidak akan kehilangan data apapun selama menggunakannya. Selain itu Aplikasi CRM mengubah data tersebut menjadi sebuah wawasan yang dipakai untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya. Anda akan lebih memahami langkah apa yang harus Anda lakukan dan atau pertahankan untuk memperbaiki dan meningkatkan bisnis online Anda. Aplikasi CRM juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi dan saluran lain yang mendukung bisnis Anda. Dan hebatnya lagi, segudang manfaat tersebut dilakukan secara otomatis.

aplikasi crm untuk online shop

Mengapa Online Shop Membutuhkan Aplikasi CRM untuk Mengembangkan Bisnis? 

Dengan mengetahui gambaran umum mengenai Aplikasi CRM, sekilas kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis online. Benarkah itu? Mari kita bahas lebih rinci mengapa Aplikasi CRM dapat mengembangkan online shop Anda:

  • CRM menyimpan semua data kontak yang masuk, seperti: pelanggan, prospek, pemasok barang (supplier), rekan bisnis, pers, dan lainnya. Kontak tersebut meliputi email, pesan, telepon, alamat, dan sebagainya. Kontak tersebut tersimpan aman dalam satu tempat, hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan follow-up terhadap mereka.
  • Tidak hanya menyimpan kontak, namun CRM juga akan menyimpan semua riwayat interaksi yang terjadi, seperti penjualan, pembelian/pengadaan barang, catatan rapat, dan lain-lain. Hal tersebut akan memberikan visibilitas yang jelas berkaitan dengan jalur sales Anda.
  • Karena bisa diintegrasikan dengan aplikasi dan saluran lain seperti: website, call center, dan aplikasi chatting (WhatsApp, Telegram, LINE, dan sebagainya); maka akan tercipta efisiensi kerja terutama pada bagian pelayanan pelanggan.
  • Aplikasi CRM menggunakan sistem otomatisasi dalam bisnis. Hal ini dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga sehingga akan meningkatkan kinerja dan pendapatan dalam bisnis. Kepuasan pelanggan pun dapat tercapai, sehingga dapat menarik minat prospek terhadap bisnis online kita.

Baca Juga: Manfaat CRM bagi Perusahaan dan Alasan Kegagalan Fungsi CRM

Terapkan CRM untuk Online Shop Anda dengan Qontak.com

Tentu saja tidak ada bisnis yang tidak memiliki masalah. Namun dengan digunakannya Aplikasi untuk online shop, diharapkan beberapa masalah dalam bisnis online dapat diatasi dengan baik. Dari uraian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa CRM Online Shop memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi pertumbuhan bisnis online.

Coba GRATIS Aplikasi CRM sekarang juga dengan klik tombol Get Started Free!

You may also like