Qontak WhatsApp

10 Aplikasi Pemasaran Produk untuk Bisnis, No. 1 Wajib

10 Aplikasi Pemasaran Produk untuk Bisnis, No. 1 Wajib

Aplikasi Pemasaran Produk Meningkatkan Brand Equity dan Brand Loyalty

Seperti artikel yang dilansir oleh Kompasiana.com tentang pentingnya pemasaran dalam sebuah bisnis, disebutkan bahwa konsumen tidak akan mengetahui tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan tanpa adanya kegiatan pemasaran (marketing). Namun luasnya pasar serta tingginya persaingan dalam dunia bisnis saat ini membuat pemasaran menjadi lebih rumit. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah aplikasi pemasaran produk (aplikasi marketing) yang dapat mempermudah kegiatan pemasaran.

Aplikasi pemasaran produk dapat membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan brand equity (kekuatan merek pada suatu produk/jasa)) dan brand loyalty (kesetiaan pelanggan terhadap suatu merek produk/jasa). Hal itu disebabkan karena aplikasi digital marketing dapat menjangkau lebih banyak prospek tertarget untuk lebih mengenal produk/jasa yang Anda tawarkan sehingga terciptalah brand equity. Brand equity yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan pendapatan atau penjualan (sales) serta menciptakan brand loyalty.

apa saja aplikasi pemasaran produk terbaik di indonesia


Apa itu Aplikasi Pemasaran Produk?

Aplikasi pemasaran produk adalah perangkat lunak yang khusus digunakan oleh tim pemasaran (marketing) untuk menarik perhatian prospek (calon pelanggan) serta memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Aplikasi digital marketing memiliki banyak manfaat bagi bisnis, baik bisnis yang dijalankan secara offline maupun online. Beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi marketing adalah

  • Menghemat waktu dan biaya dalam melakukan pemasaran
  • Mempermudah pengelolaan dalam bidang marketing
  • Meningkatkan kualitas prospek karena Anda bisa memasarkan kepada prospek tertarget saja
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis
  • Memberikan laporan, data, dan analisis bisnis yang tepat dan akurat
  • Membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis

Baca Juga: Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Bisnis

10 Pilihan Aplikasi Pemasaran Produk untuk Bisnis yang dapat Anda pilih:

  1. Qontak.com
  2. Act!
  3. Intercom
  4. Pipedrive
  5. Drip e-CRM
  6. Salesflare
  7. Mailchimp
  8. EngageBay
  9. Kartra
  10. HubSpot

10 Pilihan Aplikasi Pemasaran Produk untuk Bisnis

Inilah 10 aplikasi pemasaran produk terbaik untuk bisnis yang kami rekomendasikan bagi Anda:

1. Qontak.com

Qontak.com merupakan salah satu penyedia aplikasi pemasaran produk (aplikasi CRM marketing) lokal yang dapat digunakan untuk otomatisasi marketing. Aplikasi digital marketing Qontak.com dapat dikategorikan sebagai salah satu aplikasi marketing yang terbaik di Indonesia karena terintegrasi dengan chat panel seperti WhatsApp Business API dan juga media sosial yang saat ini masih ramai digunakan.

Hal inilah yang dapat memudahkan tim marketing dalam melakukan kegiatan marketing seperti: mengumpulkan database prospek, berinteraksi dengan prospek dan pelanggan, mengirimkan promosi atau kampanye perusahaan, dan sebagainya.

Aplikasi Pemasaran Produk Qontak.com

Harga: Rp200.000/bulan untuk setiap pengguna. Harga ini terbilang seimbang dengan fitur serta manfaat yang ditawarkan pada aplikasinya.

Kelebihan (Pros):

Kekurangan (Cons):

  • Dapat menentukan dan menarik pelanggan tertarget sehingga promosi dan kampanye yang dilakukan melalui WhatsApp Blast misalnya, tidak akan sia-sia.
  • Data dapat disimpan dan diletakkan sesuai kategori yang tepat secara otomatis.
  • Tim marketing dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja dengan mudah.
  • Memiliki e-mail marketing yang bersifat personal dan terotomatisasi.
  • Dengan penanganan keluhan serta pemberian respon yang lebih cepat dan professional, pengalaman pelanggan terhadap bisnis Anda menjadi lebih baik.
  • Pelacakan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan tersedia sejak awal hingga akhir.
  • Memberikan laporan dan analisis bisnis yang lengkap dan akurat sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya.
  • Saat ini Qontak.com masih berfokus hanya pada market di Indonesia.

 

2. Act!

Sebuah aplikasi marketing yang menawarkan dua fungsi dalam satu aplikasi, yaitu pemasaran dan penjualan. Aplikasi Act! Memiliki fokus dalam mengubah prospek menjadi pelanggan yang loyal kepada bisnis penggunanya. Saat ini Act! telah memiliki kantor di beberapa negara, beberapa diantaranya adalah Inggris, Perancis, Australia, dan sebagainya.

Aplikasi Pemasaran Produk Act!

Harga: Mulai dari $25/bulan untuk setiap pengguna, dan penagihan dilakukan setiap tahun. Harga yang berbeda untuk paket yang berbeda.

Kelebihan (Pros):

Kekurangan (Cons):
  • Terdapat integrasi antara aktivitas penjualan dan pemasaran, yaitu agen pemasaran akan meneruskan proses selanjutnya kepada agen penjualan yang tepat bagi prospek yang tepat.
  • Waktu respon pelanggan bisa sangat lambat atau lama, terutama pada layanan call center.

 

  • Dapat melacak KPI penting pada semua proses bisnis.
  • Kualitas layanan pelanggan berbeda dari setiap agen yang menangani masalah.
  • Terdapat pemasaran melalui e-mail serta memiliki template e-mail yang berkualitas.
  • Terintegrasi juga dengan Outlook, Slack, QuickBooks Online, dan berbagai aplikasi bisnis lainnya.

3. Intercom

Merupakan sebuah platform komunikasi yang menangani semua hal yang berkaitan dengan pelanggan. Intercom memfokuskan layanannya pada pemasaran berbasis akun untuk semua tahapan sales funnel, termasuk orientasi pelanggan, aktivasi, dan konversi uji coba. Oleh karena itu, aplikasi ini akan mengidentifikasi kapan akun targetnya akan muncul di situs web penggunanya, yang kemudian akan langsung mengarahkan target kepada tim penjualan.

Aplikasi Pemasaran Produk Intercom

 

Harga: Mulai dari $87/bulan (termasuk 2 pengguna, terdapat kursi tambahan seharga $19/bulan untuk setiap pengguna), penagihan dilakukan setiap bulan. Terdapat harga yang berbeda untuk paket yang berbeda.

Kelebihan (Pros):

Kekurangan (Cons):

  • Dapat melacak interaksi dan keterlibatan pelanggan dalam proses pemasaran dan penjualan.
  • Pengguna tidak dapat mengekspor laporan yang tersedia dalam aplikasi.

 

  • Dapat menarik prospek ke dalam bisnis.
  • Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperoleh tanggapan dan solusi dari bagian layanan pelanggan, walaupun dapat dikatakan bahwa informasi yang disajikan cukup lengkap.
  • Memberikan dukungan pelanggan.
  • Dapat terintegrasi dengan aplikasi bisnis penting lainnya.

4. Pipedrive

Pipedrive adalah aplikasi marketing yang dijalankan menggunakan sistem CRM yang memungkinkan bisnis merencanakan aktivitas pemasaran serta memantau transaksi yang terjadi dalam bisnis. Saat ini Pipedrive memiliki 10 kantor di 8 negara.

Aplikasi Pemasaran Produk Pipedrive

Harga: Cukup bervariasi tergantung paket yang dipilih. Harga dimulai dari $12.50/bulan untuk setiap pengguna, dan ditagih pada setiap bulan.

Kelebihan (Pros):

Kekurangan (Cons):

  • Dapat diakses dari mana saja dan kapan saja baik menggunakan browser web apapun atau aplikasi seluler khusus.
  • Hanya tersedia dalam versi berbayar saja. Namun ada free trial yang dapat Anda coba sebelum memutuskan untuk berlangganan.
  • Tim pemasaran dapat memperoleh visibilitas penuh tentang berbagai saluran pemasaran yang mereka harus tangani.
  • Memiliki fitur aktivitas dan tujuan yang dapat melacak aktivitas yang tertunda di setiap saluran pemasaran.
  • Menyediakan alat pelaporan pemasaran khusus untuk memantau target, menganalisis data pemasaran, dan menghasilkan laporan visual.
  • Terintegrasi dengan beberapa penyedia layanan e-mail seperti Outlook, Gmail, dan Yahoo.
  • Memungkinkan penggunanya untuk mentransfer detail kontak, riwayat komunikasi, dan informasi lainnya di seluruh aplikasi.

5. Drip e-CRM

Drip e-CRM adalah aplikasi digital marketing yang memfokuskan kinerja aplikasinya pada dua hal. Pertama, pada drip marketing, yaitu dimana prospek potensial akan memperoleh kembali diingatkan tentang suatu merek/brand melalui rangkaian e-mail yang terjadwal. Kedua, layanan mereka diarahkan pada e-commerce.

Aplikasi Pemasaran Produk Drip e-CRM

Harga: Tergantung pada jumlah orang pada akun Anda (yaitu orang-orang di dalam sistem Anda). Harga mulai dari $49/bulan untuk setiap pengguna yang ditagih setiap bulan.

Kelebihan (Pros):

Kekurangan (Cons):

  • Modul e-mail dapat dikirimkan secara otomatis sebagai salah satu bentuk promosi atau pemasaran.
  • Harga yang ditawarkan oleh Drip e-CRM terbilang cukup tinggi bagi bisnis dengan skala kecil.
  • Memiliki pembuat iklan khusus untuk Facebook.
  • Kualitas layanan pelanggan terkadang tidak terlalu responsif.

6. Salesflare

Salesflare merupakan CRM dan platform penjangkauan e-mail yang telah banyak digunakan oleh bisnis kecil dan menengah untuk memaksimalkan hasil dan meminimalisir pekerjaan. Aplikasi ini memiliki fitur otomatisasi entri data yang diperoleh dari profil sosial, e-mail, kalender, telepon, database perusahaan, serta tanda tangan e-mail profesional.

Aplikasi Pemasaran Produk SalesflarePengguna Salesflare menggunakan sistem CRM terutama untuk menghasilkan dan menindaklanjuti prospek dalam skala besar, yang kemudian dibantu oleh fitur pelacakan penjualan dan otomatisasi. Aplikasi ini memiliki pelacakan e-mail bawaan, kemampuan untuk mengirim e-mail pribadi dalam skala besar, penilaian prospek, integrasi sosial, analitik penjualan, dan buku alamat otomatis. Penggunanya dapat menggunakan aplikasi ini pada semua perangkat yang digunakan, seperti: Windows, Mac, Linux, iPhone, iPad, ponsel dan tablet Android, bahkan di dalam kotak masuk Gmail atau Outlook.

Harga: Sekitar $30/bulan untuk setiap pengguna tanpa batasan pemakaian. Anda tidak memerlukan kartu kredit untuk pembayarannya.

7. Mailchimp

Mailchimp merupakan aplikasi marketing all-in-one yang terkenal akan kemampuannya dalam menjalankan kampanye pemasaran yang efektif melalui e-mail. Aplikasi ini mengumpulkan dan mengelola data, kemudian mengubah data dan wawasan audiens menjadi pesan yang ditargetkan secara individual. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan promosi atau kampanye dalam berbagai saluran bisnis.

Mailchimp menawarkan berbagai fitur, seperti: otomatisasi data, membalas e-mail berdasarkan notifikasi masuk seperti ‘pendaftaran baru’, mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada kontak yang tersimpan, mengirimkan ucapan terima kasih kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian atau mengingatkan prospek jika mereka meninggalkan keranjang belanja.

Aplikasi Pemasaran Produk Mailchimp

Harga: Tersedia paket free starter untuk bisnis kecil yang baru saja memulai usahanya dan terbatas untuk satu pengguna. Namun ada paket lainnya yang harganya dipatok mulai dari $9,99/bulan untuk 3 pengguna yang ditagih setiap bulan.

8. EngageBay

EngageBay adalah sebuah aplikasi marketing, sales, layanan pelanggan, dan CRM yang saling terintegrasi untuk membantu perusahaan kecil hingga menengah untuk memperoleh, melibatkan, dan mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan. Platform ini berbasis cloud sehingga memungkinkan bisnis untuk menggunakan alat pemasaran dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan serta mempertahankannya untuk seterusnya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi EngageBay termasuk pemasaran melalui e-mail, halaman panduan, obrolan langsung/ helpdesk, tiket, telepon, penjadwalan janji, manajemen kontak dan masih banyak lagi.

Aplikasi Pemasaran Produk EngageBay

Harga: Terdapat versi gratisnya namun dengan batasan penggunaan dan batasan jumlah fitur yang dapat digunakan. Harga berbayarnya mulai dari $8.99/bulan untuk setiap pengguna.

9. Kartra

Merupakan aplikasi marketing yang berbasis cloud, sehingga membantu bisnis untuk membuat, meluncurkan, dan mengelola platform e-commerce. Selain itu, aplikasi ini juga digunakan untuk melakukan promosi atau kampanye pemasaran serta menyediakan portal helpdesk bagi pelanggan.

Kartra menyertakan modul manajemen prospek, yang memungkinkan tim marketing untuk menangani prospek, dan pelanggan di berbagai lokasi dan mengkategorikan klien menggunakan tag khusus. Fitur lainnya adalah seperti portal keanggotan, pemasaran melalui video, menyediakan pembayaran secara online atau melalui kartu kredit, adanya formulir untuk mengundang prospek secara otomatis, pemasaran melalui e-mail atau pesan singkat dan masih banyak lagi.

Aplikasi Pemasaran Produk KartraHarga: Tersedia dalam beberapa paket yang dapat Anda pilih. Paket dasarnya dipatok dengan harga $99/bulan.

10. HubSpot

HubSpot adalah sebuah aplikasi digital marketing yang dapat menarik prospek ke dalam bisnis Anda menggunakan konten yang bagus.Aplikasi pemasaran ini dikembangkan dengan cukup baik, yaitu mencakup halaman panduan, e-mail, media sosial, analitik, otomatisasi pemasaran, manajemen prospek, dan masih banyak lagi.

Pemasaran melalui blog juga merupakan salah satu hal yang difokuskan oleh HubSpot, karena blog merupakan salah satu penghasil prospek utama yang murni. Seperti banyak opsi CRM pemasaran lainnya, HubSpot menyediakan halaman blog yang dapat diubah tanpa harus menguasai coding. Serta terdapat pembuat e-mail yang disertai modul pengujian dan terdapat juga tips penulisan berdasarkan SEO yang berjalan secara spontan.

Aplikasi Pemasaran Produk HubSpot

Harga: CRM HubSpot gratis dan jumlah penggunanya tidak terbatas. Namun, paket add-on Marketing Hub adalah $50/bulan untuk setiap  pengguna, dan ditagih setiap bulan.

Rekomendasi Artikel: 6 Pilihan Aplikasi untuk Marketing Terbaik bagi Bisnis


Fitur yang Harus Dimiliki Aplikasi Pemasaran Produk

Berikut ini merupakan fitur-fitur penting yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi pemasaran produk yang baik:


Bagaimana Cara Memperoleh Aplikasi Pemasaran Produk Terbaik?

Aplikasi marketing dari Qontak.com dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda, serta aplikasi digital marketing-nya bersifat fleksibel, yaitu dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tidak hanya itu, aplikasi pemasaran produk dari Qontak.com dapat diintegrasikan dengan saluran bisnis penting lainnya, seperti WhatsApp atau sosial media karena dijalankan menggunakan sistem CRM Omnichannel. Selain itu, dengan menggunakan sistem CRM Anda dapat mengoptimalkan dan mengotomatisasi penggunaan semua aplikasi bisnis Anda serta menyimpan dan mengolah datanya dalam satu platform. Hal ini tentu saja juga dapat meningkatkan kinerja tim marketing Anda.

Jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba aplikasi pemasaran produk dari Qontak.com secara GRATIS. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan atau jika Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim kami. Kami akan selalu siap melayani Anda.

You may also like

By