Qontak WhatsApp

10 Aplikasi Call Center Gratis Terbaik, No 1 Wajib!

10 aplikasi call center gratis terbaik no 1 wajib

Aplikasi Call Center Apa Saja yang Gratis Terbaik?

Aplikasi call center telah banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk menangani permintaan atau pertanyaan dari para pelanggannya. Penggunaan aplikasi call center Indonesia ini bertujuan untuk menghindarkan perusahaan dari keluhan pelanggan seperti yang banyak ditulis dalam media cetak seperti news.detik.com. Mengapa demikian? Karena call center software memiliki banyak sekali manfaat bagi perusahaan dalam menangani pelanggan, khususnya bagi layanan telepon.

Rekomendasi Artikel: Layanan Call Center, Apakah Perlu?

apa saja 10 pilihan aplikasi call center gratis terbaik


Apa itu Aplikasi Call Center?

Aplikasi call center adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh tim customer service sebuah perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) secara keseluruhan.

Contoh kegunaan aplikasi call center Indonesia adalah mengakses segala informasi yang berkaitan dengan para pelanggan serta menangani panggilan masuk dan/atau keluar.

Biasanya call center software yang baik pasti dapat diintegrasi dengan perangkat lunak apapun yang berguna bagi perusahaan. Aplikasi call center yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain tentunya dapat memudahkan tim customer service dalam menyelesaikan tugasnya tanpa repot berganti alat atau software.

Berikut adalah istilah atau terminologi dalam aplikasi Call Center yang penting untuk Anda ketahui:

Aplikasi call center biasanya digunakan untuk menerima panggilan masuk dari pelanggan (Inbound), panggilan ini akan diterima dan dijawab oleh Agent. Biasanya, setiap Inbound Call, dapat didistribusikan kepada Agent secara otomatis dengan Automatic Call Distributor (ACD). Hal ini tentu memudahkan dan meningkatkan performa karena mengurangi panggilan yang tidak terjawab (Abandoned Call). Terkadang, call center terdapat juga fitur antrian (Queue System) agar pelanggan yang menelpon dapat mengantri untuk diterima oleh Agent.

Selain menerima panggilan, aplikasi call center dapat juga melakukan panggilan keluar (Outbound), biasanya aplikasi ini disebut sebagai aplikasi Predictive Dialer. Semua aplikasi call center seharusnya memiliki fitur Call Recording, sehingga supervisor dan tim customer service dapat mengecek setiap percakapan yang terjadi. Selain itu, terdapat juga fitur Reporting untuk melihat performa Agent dan panggilan.

Berikut adalah 10 pilihan Aplikasi Call Center terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih:

  1. Qontak.com
  2. HubSpot
  3. Genesys Cloud
  4. Bitrix24
  5. TalkDesk
  6. Ring Central
  7. CloudTalk
  8. Dixa
  9. Zendesk
  10. LiveAgent

10 Aplikasi Call Center Gratis Terbaik

1. Qontak.com

aplikasi call center oleh qontak

Call center software dari Qontak.com merupakan bentuk cloud telephone system. Artinya sistem ini tersimpan otomatis di dalam cloud dan bergantung pada internet. Ini memberikan fleksibilitas dan mobilitas untuk pengguna. Harga aplikasi call center Qontak.com cukup terjangkau. Berikut adalah fitur-fitur dari aplikasi call center Qontak.com:

  • API Block untuk Custom Workflow: Dapat menyediakan API jika dibutuhkan untuk custom
  • Web and Mobile Access: Memungkinkan akses call center dijalankan dari perangkat mana saja, baik browser maupun seluler.
  • CRM or Ticketing System Integration: Terintegrasi dengan Aplikasi CRM sehingga memudahkan tim dalam mengakses data pelanggan ketika dibutuhkan.
  • PBX System: Memiliki sistem PBX yang canggih untuk menghemat biaya perusahaan.
  • Text To Speech: Dapat membuat text secara real time dari percakapan
  • Agent Routing: Dapat mengalokasikan agen secara otomatis dan akurat untuk mengatur panggilan sesuai kebutuhan.
  • Wallboard Inbound dan Outbound: Dapat melakukan priority queue, ring all round-robin, proficiency-based routing, transfer between queues, dan agent workspace.
  • Supervisor Tools: Dapat melakukan agent and queue management, agent activity log, call spy/barge/whisper, dashboards, dan custom reports
  • Agent Routing: Dapat melakukan pembagian panggilan masuk secara otomatis kepada agent yang menangani
  • User Features: Ada fitur call back queue, EWT, VIP, user authentication, after-call survey
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang tidak begitu mahal
  • Omnichannel: Dapat mengakses seluruh call center, WhatsApp, live chat, dan pesan lainnya dalam 1 interface.

2. HubSpot

hubspot-01 aplikasi call center aircall

Aplikasi helpdesk HubSpot terintegrasi dengan Aircall yang berbasis cloud. Biaya yang harus dibayar setiap pengguna paket Aircall mulai dari $30 per bulan. Aplikasi ini memiliki fitur sebagai berikut:

  • CRM and Ticketing Automatisation: Memiliki alat otomatisasi yang canggih dengan sistem CRM dan marketing
  • Reporting: Memberikan laporan yang memuat wawasan pelanggan termasuk berapa lama panggilan terjadi, response rate agent.
  • Live Chat Integration: Memiliki kotak masuk e-mail bersama, perangkat lunak live chat, serta alat layanan mandiri yang terintegrasi dengan Aircall
  • Agent Routing: Dapat melakukan pembagian panggilan masuk secara otomatis, round-robin, atau berdasarkan prioritas (priority queue)
  • Wallboard Inbound & Outbound: Terdapat panel untuk mengatur panggilan masuk dan keluar
  • Call Recording: Menyimpan seluruh rekaman panggilan yang masuk dan keluar (inbound dan outbound call) di dalam cloud based storage yang terbatas
  • Office Hour Support: Tim office hour support yang dapat membantu jika terjadi error
  • Free Trial: Dapat melakukan coba gratis dan memperpanjangnya ke versi yang berbayar

3. Genesys Cloud

dashboard aplikasi call center genesys cloud

Genesys Cloud hadir dengan aplikasi call center omnichannel yang mudah untuk digunakan. Sistem omnichannel membuat aplikasi gratis ini dapat dihubungkan dengan software penting lainnya. Harga aplikasi Genesys Cloud lumayan terjangkau dan dapat mencoba free trial-nya. Berikut adalah fitur dari Genesys Cloud:

  • Omnichannel: Dapat mengelola banyak saluran pada satu tempat termasuk sistem CRM dan ticketing
  • Tutorial Availability: Dapat dipelajari dan digunakan dengan mudah oleh tim Anda karena tersedia sumber untuk tutorial penggunaan call center software
  • Cloud Based: Tampilan modern dan aman digunakan karena tidak perlu menginstall apapun (cloud base)
  • Agent Routing: Dapat melakukan pembagian panggilan masuk secara otomatis, round-robin, serta queuing system
  • Cloud Storage: Dapat menyimpan seluruh percakapan yang terjadi di dalam cloud
  • Text To Speech: Dapat membuat text secara real time dari percakapan
  • Free Trial: Menyediakan uji coba gratis dan dapat diperpanjang ke versi berbayar untuk fitur yang lebih lengkap

4. Bitrix24

bitrix24 aplikasi call center dashboard

Bitrix24 merupakan software yang diciptakan untuk memudahkan tim customer service (call center) untuk saling berkolaborasi dalam menyelesaikan tugasnya. Aplikasi Bitrix24 dapat Anda dapatkan secara gratis dan mendapatkan fitur premium di harga $30 per bulannya. Fitur dari aplikasi gratis ini adalah:

  • Menyediakan saluran telepon yang dapat disewa
  • Dapat diintegrasi dengan live chat sehingga memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan tim customer service
  • Memiliki antrian e-mail  yang terintegrasi ke dalam aplikasi manajemen tugas dan CRM
  • Memiliki reporting yang detail, seperti performa agent dan analisa jumlah panggilan
  • Dapat menyimpan setiap rekaman panggilan yang masuk walaupun dalam storage yang terbatas
  • Dapat mengatur prioritas panggilan, membagi panggilan masuk ke agent secara adil
  • Menyediakan uji coba gratis untuk pelanggan dan dapat di-upgrade menjadi paket berbayar dengan fitur lebih lengkap

5. TalkDesk

talkdesk aplikasi call center report

TalkDesk merupakan software yang menawarkan fitur yang dirancang untuk membantu tim call center dalam mengelola dukungan telepon dengan lebih cepat. Aplikasi TalkDesk membantu memenuhi semua kebutuhan tim dalam menjalankan tugasnya untuk menciptakan hubungan pelanggan yang konsisten dalam skala besar. TalkDesk bisa dicoba secara gratis dan untuk fitur premium bisa Anda dapatkan di harga $35/user/bulan. Fitur aplikasi TalkDesk adalah sebagai berikut:

  • Setiap agent dapat menerima telepon dalam satu dashboard terpusat
  • Otomatis merekam percakapan yang terjadi di kontak call center
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem live chat
  • Memiliki pelaporan yang detail sehingga dapat melihat performa agent
  • Dapat mengatur prioritas panggilan, membagi panggilan masuk ke agent secara adil
  • Menyediakan uji coba gratis untuk pelanggan dan dapat pindah ke paket berbayar dengan fitur yang lebih lengkap

6. Ring Central

Merupakan sistem call center berbasis cloud yang fleksibel karena bisa digunakan pada desktop dan seluler. Aplikasi ini dapat mengarahkan outbound call kepada individu yang tepat. Selain itu memiliki fitur bernama RingOut yang dapat melakukan panggilan dengan sekali sentuh pada seluler atau komputer yang terkoneksi dengan internet. Namun aplikasi RingCentral sangat bergantung pada internet, sehingga Anda harus selalu memastikan internet Anda dan Agent selalu baik. Harga RingCentral adalah $19.99/user/bulan.

7. CloudTalk

CloudTalk adalah aplikasi yang inovatif karena menyediakan berbagai alat unik bagi penggunanya. Misalnya, terdapat fitur antrian kustom yang memungkinkan tim support untuk menentukan agen mana yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah pelanggan tertentu. Ini berguna untuk meniadakan transfer panggilan yang dapat menambah gesekan pada pengalaman pelanggan. Dalam bisnis, sangatlah penting untuk membangun hubungan pelanggan. Harga aplikasi CloudTalk untuk paket starter adalah $20/user/bulan.

8. Dixa

Aplikasi Dixa dapat dijalankan sepenuhnya pada browser. Aplikasi ini menampilkan algoritma distribusi panggilan tingkat lanjut dan pengenalan pelanggan yang melakukan panggilan. Dixa adalah sebuah solusi modern yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan administrasi pada pusat kontak. Aplikasi Dixa cukup mahal untuk fitur yang sebenarnya sama saja dengan aplikasi lainnya, harga Dixa adalah $99/agen/bulan dan ini adalah harga starter Dixa. Keunggulan Dixa mungkin terletak pada design aplikasinya yang modern.

9. Zendesk

Zendesk menyediakan platform layanan pelanggan yang ekstensif, yaitu Zendesk Talk yang menawarkan solusi call center untuk bisnis dengan berbagai ukuran. Aplikasi ini memiliki fitur pembuatan tiket otomatis, agent routing round-robin, Untuk reporting, Zendesk sudah memberikan laporan yang cukup detail. Harga Zendesk pun cukup terjangkau, untuk paket termurah Anda akan dikenakan sekitar $19/agent/bulan.

10. LiveAgent

liveagent aplikasi call center

Aplikasi LiveAgent terhubung langsung dengan tim helpdesk multi-saluran mereka. Oleh karenanya, Anda dapat membantu pelanggan melalui saluran apa pun yang Anda pilih. LiveAgent dapat menjadi solusi hemat biaya untuk usaha kecil dan menengah yang mengandalkan layanan call center karena software ini tidak mengenakan biaya penggunaan telepon per menit. Aplikasi LiveAgent menyediakan free trial selama 14 hari, namun setelah itu Anda akan ditagih sebesar $19/agent/bulan.


Aplikasi Call Center Mana yang Terbaik?

Walaupun ada beberapa aplikasi call center yang tersedia, namun pilihan terbaik untuk aplikasi call center adalah:


Manfaat Menggunakan Aplikasi Call Center

Ada beberapa manfaat yang perusahaan Anda akan peroleh jika menggunakan aplikasi call center yang dapat diintegrasikan, yaitu:

  • Fleksibel dalam memecahkan masalah/ persoalan yang dihadapi.
  • Dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain yang mendukung satu sama lain.
  • Sistem dapat dioperasikan dengan cepat (tidak lambat), karena tidak perlu menginstal aplikasi lain apapun.
  • Lebih murah karena tidak ada biaya instalasi perangkat lunak.
  • Memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat keras lama milik Anda yang masih dapat digunakan atau perangkat keras dengan harga terjangkau.
  • Memiliki sistem yang lebih canggih, dapat digunakan secara efisien untuk coding sehingga cocok digunakan oleh perusahaan.
  • Anda dapat menggunakan aplikasi call center gratis tanpa perlu lisensi dari pihak ketiga, yang terkadang dapat membuat Anda frustasi dengan minimnya akses yang dapat Anda lakukan.
  • Anda dapat memperoleh bantuan dari tim support dengan lebih mudah untuk setiap kesulitan yang Anda alami dalam penggunaan aplikasi call center Indonesia

Frequently Asked Question

Apakah aplikasi call center Qontak.com dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada?
    • Aplikasi call center Qontak.com sudah open API, artinya dapat diintegrasikan dengan sistem apapun selama sistem tersebut juga open API.
Berapa harga aplikasi call center?
    • Harga software call center Qontak.com adalah mulai dari Rp200.000/agent/bulan.
Lebih baik menggunakan on-premise atau on-cloud?
    • Lebih baik menggunakan aplikasi berbasis cloud karena tidak memerlukan proses instalasi dan meminimalisir kehilangan data.
Apakah aplikasi call center bisa melakukan panggilan keluar?
    • Beberapa aplikasi call center seperti Qontak.com dapat menerima panggilan (Inbound) dan melakukan panggilan keluar (Outbound).
Apakah panggilan masuk dapat didistribusikan ke Agent?
    • Panggilan masuk dapat didistribusikan secara otomatis ke Agent yang bertugas (online) sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan.

Dapatkan Aplikasi Call Center Gratis Terbaik

Baca Juga: Aplikasi untuk Customer Service: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya

Dengan menggunakan sebuah aplikasi, Anda dapat menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan karyawan Anda. Seperti yang telah dijelaskan diatas, aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk membantu tim customer service Anda dalam mengerjakan tugasnya, namun juga akan meningkatkan customer experience  yang pada akhirnya dapat mengembangkan bisnis Anda.

Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi call center CRM dari Qontak.com. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi call center Indonesia terbaik. Aplikasi tersebut menjalankan sistem yang lebih canggih yang memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya.

Seperti manfaat umum dari sistem CRM pada umumnya, aplikasi ini dapat disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan, memiliki fitur wajib yang lengkap seperti sistem otomatisasi, serta disertai dengan laporan dan analisis yang tepat dan akurat. Salah satu laporan yang diberikan adalah KPI call center pada perusahaan.

Anda dapat memperoleh aplikasi call center GRATIS tersebut sekarang juga. Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi terlebih dahulu mengenai aplikasi call center CRM dari Qontak.com. Kami siap membantu Anda kapan saja!

You may also like

By